You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
450 Bangunan Liar di Kolong Tol Pejagalan Ditertibkan
.
photo Budhi Firmansyah Surapati - Beritajakarta.id

450 Bangunan Liar di Kolong Tol Pejagalan Ditertibkan

Ratusan bangunan liar yang berdiri di kolong tol layang Wiyoto Woyono MSC, Pejagalan, Penjaringan ditertibkan petugas gabungan Satpol PP, TNI/Polri, Kamis (2/4). Rencananya, penertiban bangunan yang berdiri di atas lahan pengelola tol dan saluran Kali Gendong Pergudangan Muara Karang tersebut selesai Sabtu (4/4) lusa.

Hari ini sudah sekitar 250 bangunan yang kita tertibkan. Rencana, dalam 2 hari ke depan sudah rampung

Kolong tol sepanjang 5 kilometer di wilayah RT 07/16, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, tersebut sejak beberapa tahun dipenuhi ratusan bangunan rumah semi permanen. Selain membahayakan konstruksi jalan layang tol, pemukiman warga menutupi Kali Gendong sepanjang 3 kilometer yang menghubungkan saluran air kawasan pergudangan ke Kali Karang, Penjaringan.

Camat Penjaringan, Yani Wahyu Purwoko mengatakan, secara keseluruhan terdapat 450 bangunan warga di lahan sepanjang 5 kilometer di kolong tol. Kebanyakan di antara bangunan tersebut merupakan rumah tinggal dengan bahan semi permanen.

81 Bangunan di Kalimalang Dibongkar

"Hari ini sudah sekitar 250 bangunan yang kita tertibkan. Rencana, dalam 2 hari ke depan sudah rampung," ujarnya, Kamis (2/4).

Dikatakan Yani, setiap harinya sebanyak 200 personel gabungan dikerahkan untuk melakukan pembongkaran. Selain itu, satu unit alat berat juga kerahkan untuk melakukan pembongkaran.

"Agar tidak diduduki lagi, kita akan minta pengelola tol memagari. Selain itu kita juga akan minta pertamanan untuk membuat taman disini," tukasnya.

Sementara itu, Pelaksana Normalisasi Kali dan Waduk DKI Jakarta, Heriyanto mengatakan, pasca penertiban pihaknya akan menormalisasi Kali gendong yang selama ini tertutup bangunan warga. Diharapkan, normalisasi yang dilaksanakan akan dapat mengentaskan genangan yang kerap terjadi di lokasi sekitar.

"Kita tidak memprogamkan relokasi, tapi warga kita bantu transport pindah saja. Kalau yang garasi kontainer kita akan minta walikota bersurat tidak memberikan lagi izin dan mengosongkan lahan," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1231 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1169 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1166 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1135 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito